Apakah Lansia Boleh Jalani Pola Makan Vegan?

Apakah Lansia Boleh Jalani Pola Makan Vegan?

written by : PARENTY - 8 Nov 2023

Viewed : 6   Read duration :

Sebagian orang menjalani diet vegan untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Diet vegan ini merupakan pola makan dimana seseorang hanya mengonsumsi makanan yang mengandung nabati. Diantaranya sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan hingga buah-buahan. Itu artinya orang yang menjalani diet vegan tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan hewani atau daging-dagingan. Lalu, apakah lansia boleh menjalani pola makan vegan?

Dilansir dari beberapa sumber, sebenarnya orang lanjut usia (lansia) diperbolehkan menjalani pola makan vegan. Namun, dengan catatan bahwa lansir tersebut tidak memiliki riwayat penyakit kronis atau sedang dalam pengobatan tertentu. Karena perlu diingat bahwa menjalankan pola makan vegan ini dapat membuat tubuh kehilangan beberapa gizi penting seperti salah satunya protein.

Pola makan vegan membantu mengurangi konsumsi obat pada lansia

Pola makan vegan ini memiliki manfaat bagi kesehatan lansia. Lansia yang menerapkan pola makan ini bisa terhindar dari beberapa kondisi kronis yang sering kali dialami oleh lansia. Misalnya kanker, penyakit jantung, hipertensi hingga diabetes. Bahkan sebuah jurnal medis dari American Journal of Lifestyle Medicine menyebutkan bahwa lansia dengan pola makan vegan bisa membuat mereka lebih sehat dan lebih sedikit dalam mengonsumsi obat-obatan. Sekitar 58% pola makan vegan bisa mengurangi obat-obatan pada lansia dibandingkan lansia yang tidak.

Para peneliti tersebut menemukan adanya hubungan antara pola makan dan penggunaan lebih atau sama dengan 5 macam obat secara bersamaan setiap hari (polifarmasi) pada lansia. Polifarmasi sendiri merupakan masalah kesehatan yang biasa dialami oleh para lansia. Namun sayangnya bisa menimbulkan efek samping yang berdampak buruk pada lansia saat mengonsumsi obat terlalu banyak.

Dari data mereka diketahui bahwa seseorang yang mengonsumsi obat lebih dari lima macam dalam sehari bisa meningkatkan risiko 88 persen lebih dari efek samping obat dan meningkatkan kematian. Itulah kenapa bahwa pola makan vegan dan gaya hidup yang sehat bisa membuat para lansia mengurangi obat-obatan.

Manfaat pola makan vegan pada lansia

Tidak dipungkiri jika kesehatan seseorang bisa menurun seiring bertambahnya usia. Memiliki kesadaran akan kesehatan serta asupan bernutrisi sejak dini sangatlah penting untuk bekal di hari tua. Salah satu pola makan yang sehat adalah vegan. Berikut ini beberapa manfaat sehat pola makan vegan pada lansia:

  1. Mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, kanker dan lainnya.
  2. Meningkatkan pencernaan dan membantu mengurangi risiko masalah pencernaan.
  3. Membantu mengurangi risiko demensia pada lansia.
  4. Menurunkan kolesterol yang biasanya disebabkan oleh makanan dari protein hewani.
  5. Mengurangi peradangan, cedera atau infeksi yang menyebabkan masalah kesehatan.
  6. Menjaga berat badan saat metabolisme tubuh menurun.

Jadi, lansia diperbolehkan menjalani pola makan vegan namun harus dalam keadaan yang sehat dna tidak sedang dalam pengobatan. Bahkan pola makan vegan juga bisa memberikan manfaat kesehatan bagi lansia. Bagi lansia yang ingin menjalani pola makan vegan harus tetap dalam pengawasan dan memantau kesehatan secara rutin ya. (Aq/PRT)

READ ANOTHER LATEST NEWS

Lihat semua >
7 Jenis Penyakit Kulit Yang Kerap Menyerang Lansia

Seiring bertambahnya usia, kulit lansia lebih rentan terhadap penyakit. Simak 7 penyakit kulit yang sering terjadi dan cara pencegahannya di sini!

2024-05-10 16:46:18
Waktu Tidur Yang Ideal Untuk Lansia Menurut WHO

Temukan waktu tidur yang tepat untuk lansia agar kesehatan dan kualitas hidup terjaga. Simak anjuran WHO dan tips bermanfaat lainnya di sini!

2024-05-08 15:15:41